Sunday 4 October 2015

KHASIAT DAUN KARSEN (KLASEM)

       Khasiat daun kersen secara tradisional dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan atau menyembuhkan penyakit. Kersen yang memiliki nama latin Muntingia calabura L merupakan pohon yang memiliki buah yang berukuran kecil dan berwarna merah cerah jika matang. Di Jakarta buah kersen biasa disebut sebagai ceri. Kalau di jawa ada yang menyebutnya buah klasem.
Khasiat Daun Kersen
Manfaat Daun Kersen

Manfaat daun kersen

Selain buahnya, daunnya juga tak kalah hebat. Daun kersen dipercaya membantu mengatasi berbagai macam penyakit sebagai berikut :

Melindungi fungsi otot jantung
Melalui sebuah penelitian menyatakan bahwa daun kersen dapat melindungi fungsi otot jantung, yaitu dengan cara minum rebusan daunnya secara teratur.

Khasiat daun kersen untuk Diabetes/Kencing manis
Daun kersen atau daun talok diyakini bisa berkhasiat untuk menurunkan kadar gula bagi penderita diabetes. Hal itu karena daun ini mengandung senyawa kimia saponin dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menyekresi hormone insulin yang bekerja untuk metabolisme gula. Anda bisa membuat ramuan dengan cara mengambil 100 gram daun kersen, cuci hingga bersih, lalu rebus dengan satu liter air dan biarkan hingga airnya tersisa setengahnya. Minumlah dua kali sehari, masing-masing satu gelas.

Anti hipertensi
Anda bisa membuat ramuan dengan cara, ambil daun kersen, cuci bersih, kemudian jemur hingga kering. Setelah kering, Anda bisa menggunakannya setiap hari sebagai pengganti minuman teh dengan cara menyeduhnya dengan air panas, lalu aduk-aduk hingga airnya berubah kemerahan seperti teh. Minumlah dua kali sehari masing-masing satu gelas.

Anti kolesterol
Untuk mencegah atau mengobati kolesterol, Anda bisa membuat ramuan dengan cara merebus segenggam daun kersen yang segar dengan 3 gelas air, biarkan sampai mendidih dan biarkan hingga airnya tersisa satu gelas. Lalu minum secara teratur tiga kali sehari.

Anti inflamasi
Dengan minum rebusan daun ini akan berkhasiat untuk mengurangi radang atau sebagai antiinflamasi dan juga bisa menurunkan panas demam.

Antiseptik
Daun kersen juga bermanfaat sebagai antiseptic karena mengandung senyawa saponin, tannin, dan flavonoid sehingga dapat membunuh mikroba bakteri, antara lain K.Rhizophil, C.Diptheriae, P.Vulgaris, S.Aureus, dan S.Epidemidis.

Antitumor
Kandungan senyawa flavonoid dalam daun kersen terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel-sel tumor, sehingga ramuan ini dapat digunakan sebagai anti tumor.



SEKEDAR  BAGI PENGALAMAN


Saya ambil dari berbagai macam pengalaman sekitar buah Karsem diantaranya :

Ibuku menderita diabetes atau kelebihan gula dlm darah sehingga apabila tubuh luka maka akan SUSAH UNTUK PULIH.
karena ibuku juga stroke dan hampir seluruh tubuh susah digerakkan sehingga sepanjang hari hanya tidur /berbaring saja.

Sudah sejak satu tahun yg lalu pinggul ibuku terluka (mungkin kebanyakan terlentang) luka itu membuat lobang dipinggul sehingga mengeluarkan darah dan akhirnya bernanah dan busuk. Luka itu mulai melebar dan membuat lobang sana sini hingga luka itu kelihatan sangat parah..dan menimbulkan bau busuk (tidak usah sy tampilkan fotonya krn menjijikkan )

Sepulang dr malaysia sy berusaha konsultasi dgn dokter tentang luka tersebut , dan dokter berkata apabila bagian tubuh sdh mulai membusuk harus di potong supaya tdk melebar kemana mana .sy sdh coba berbagai cara tp luka itu tdk kunjung sembuh

Lalu ada seorang teman yg menyarankan untuk minum rebusan daun talok /kersen/seri, dan sy putuskan untuk mencoba ..

Awal minum daun itu ibuku demam dan luka mengeluarkan nanah banyakkkkkk hingga harus sy ganti perban beberapa kali , setelah dua hari minum ..luka itu tdk mengeluarkan nanah lagi dan mulai keluar darah merah dan hari berikutnya seperti ada daging yg tumbuh menutupi luka .
Luka itu mulai membaik dan tidak mengeluarkan darah atau nanah lagi, dalam waktu sebulan ..luka mulai kering. Dan luka kecil mulai tertutup , luka besar mulai menciut .

Sampe saat ini masih saya minum kan ..tp daunnya tdk sy rebua tp sy keringkan dan sy sedu seperti bikin teh hijau. Satu gelas diminum dua kali sehari.

#semoga
 bermanfaat

https://www.facebook.com/groups/pengobatangratis/permalink/592432370866670/
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Buah untuk Asam Urat, Daun untuk Diabetes
Kandungan senyawa tanin, flavonoids, dan saponin buah kersen bermanfaat sebagai antiseptik, antiflamasi atau antiradang, dan antitumor.

PAGI itu Nanik (54 tahun) asyik mengunduh buah kersen masak di depan rumah. Dia mengumpulkan buah kersen berbentuk bulat kecil berwarna merah itu dalam kantong plastik. Selanjutnya dia mencuci buah yang dikenal juga dengan sebutan talok itu dan langsung menyantap untuk mengatasi asam urat yang beberapa lama dia derita. ''Setelah rutin makan buah talok, kaku-kaku dan kesemutan di tangan dan sendi-sendi saya banyak berkurang,'' katanya senang.

Hampir setiap orang mengenal pohon kersen. Itu tak lepas dari ingatan semasa kecil. Kebanyakan orang memiliki memori indah bersama pohon rindang berbuah banyak, kecil-kecil, dan berasa manis itu.

Secara karakteristik, kersen atau talok adalah sejenis tanaman perdu yang bisa setinggi 12 meter, walau rata-rata hanya antara 1 meter dan 4 meter. Cabang pohon mendatar dan membentuk naungan rindang. Pemilik nama Latin Muntinga calabura itu berbuah bulat kecil. Jika masak buah berwarna merah, sedangkan saat masih muda berwarna hijau. Rasanya manis, memiliki banyak biji kecil seperti pasir.

Tumbuhan itu mudah tumbuh di atas tanah kering yang tak gembur dan tanpa perawatan khusus. Karena mudah tumbuh di mana saja di kawasan Indonesia, orang Belanda menyebutnya ceri asli Indonesia. Tumbuhan itu memiliki daun berbentuk bulat telur sepanjang antara 2,5 cm dan 15 cm, lebar antara 1 cm dan 6,5 cm, dengan tepi daun bergerigi, ujung runcing, dan struktur berseling. Warna daun hijau muda dengan bulu rapat pada bagian bawah daun. Bunga berwarna putih dan akan menghasilkan buah berukuran kecil antara 1 cm dan 1,5 cm dan berwarna merah. Di dalam buah banyak biji kecil berukuran 0,5 mm berwarna kuning.
Pohon kersen bisa tumbuh di mana saja. Di pinggir-pinggir jalan atau di halaman rumah tinggal. Sebagian orang menanam pohon itu sebagai peneduh. Padahal, buahnya memiliki banyak manfaat obat. Nah, soal khasiat kersen atau talok, ahli tanaman obat Drs Suhardjono Apt MSi menuturkan berdasar hasil penelitian diketahui kandungan gizi buah kersen tak kalah dari buah lain. Dalam perbandingan, misalnya, kandungan vitamin C buah mangga 30 mg, sedangkan buah kersen 80,5 mg. Kandungan kalsium buah kersen 124,6 miligram, jauh lebih banyak dari buah mangga yang hanya 15 miligram.

Buah kersen mengandung zat-zat yang sangat penting bagi tubuh manusia. Kandungan buah kersen antara lain setiap 100 gram kersen mengandung air (77,8 gram), protein (0,384 gram), lemak (1,56 gram), karbohidrat (17,9 gram), serat (4,6 gram), abu (1,14 gram), kalsium (124,6 miligram), fosfor (84 miligram), besi (1,18 miligram), karoten (0,019 gram), tianin (0,065 gram), ribofalin (0,037gram), niacin (0,554 gram), dan vitamin C (80,5 miligram). Adapun nilai energi yang dihasilkan 380 KJ/100 gram.
"Kandungan itu membuat buah kersen banyak bermanfaat bagi tubuh manusia. Masyarakat dulu sering menggunakan buah kersen sebagai obat untuk mengatasi asam urat," kata Suhardjono.
Kersen, lanjut dia, terbukti mengurangi rasa nyeri akibat penyakit asam urat. Sebab, buah kersen mengandung kadar purin rendah. Kandungan air tinggi dalam buah kersen dapat melarutkan purin yang mengendap di ginjal atau persendian. Kandungan itulah yang membuat buah kersen mampu mengatasi asam urat.
Orang yang susah buang air besar bisa mengonsumsi beberapa butir buah kersen sehingga buang air besar pun lancar. "Itu bukti buah kresen mengandung serat cukup tinggi," tutur dosen Fakultas Kedokteran Undip itu.
Daun kersen juga mempunyai manfaat untuk kesehatan, antara lain sebagai antitumor, karena mengandung senyawa tanin, flavonoids, dan saponin. Rebusan daun kersen menjadi antiseptik dan antiflamasi atau antiradang.
Penggunaan daun kersen untuk menurunkan kadar gula penderita diabetes sudah dilakukan sejak lama. Beberapa ilmuwan yang meneliti daun kersen mengetahui, daun kersen mengandung senyawa kimia golongan saponin dan flavonoid. "Senyawa golongan flavonoid dapat bekerja sebagai antioksidan, sehingga bisa menyekresi hormon insulin yang diperlukan untuk metabolisme gula," ujar pria kelahiran Ambarawa itu.
Daun kersen juga berkhasiat melindungi fungsi otot jantung. Sebuah penelitian membuktikan kerja aktif kandungan daun kersen dalam melindungi fungsi otot jantung. Minum rebusan daun kersen baik untuk melindungi fungsi jantung dan kemungkinan kerusakan akibat racun yang masuk ke dalam tubuh. "Meski beberapa penelitian sudah menyebut demikian, hingga saat ini belum ada penelitian yang menyebutkan dosis dan aturan pakai daun kersen untuk melindungi selaput membran otot jantung. Namun tak ada salahnya kita melindungi otot jantung dengan minum secara teratur ramuan dan daun kersen sebelum sakit,'' katanya.

Khasiat Kersen untuk Obat

1. Hipertensi
Jemur daun kersen sampai kering, seperti kita membuat teh. Setelah daun kering seduh secukupnya dengan air putih panas untuk satu gelas kecil. Tunggu beberapa saat hingga air putih berubah seperti air teh. Minum dua kali sehari.

2. Antidiabetes
Gunakan 50-100 gram daun kersen yang telah dicuci bersih dan rebus dalam seliter air hingga mendidih dan tersisa separuhnya. Hasil rebusan itu minum dua kali sehari. Jika menggunakan ekstrak daun kering, 2-5 gram  seduh dalam 200 ml air.

3. Asam Urat
Makan buah sembilan butir buah kersen tiga kali sehari. Itu terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit asam urat.

4. Kolesterol
Rebus 1-2 gengam daun talok segar dengan tiga gelas air. Sisakan air rebusan hingga tinggal satu gelas dan minum ramuan itu secara teratur tiga kali sehari.

(Pitra Kurniawan)
© 2013 Tabloid Cempaka
Jl. Merak 11 Semarang Jawa Tengah. Telp. 3548118. Fax. 3545770
Email: redaksi@tabloidcempaka.com, iklan@tabloidcempaka.com


http://www.tabloidcempaka.com/index.php/read/kesehatan/detail/198/Manfaat-Berbeda-dari-Buah-dan-Daun-Kersen#.VA8_NfmSzxo
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -


Buah Kersen: Kecil Buahnya, Besar Khasiatnya
OPINI | 20 September 2013 | 07:36  Dibaca: 9135    Komentar: 9    0


Bagi anda warga Yogyakarta, tentu agak sedikit asing dengan nama buah “kersen”. Maklum saja, masyarakat kota Yogyakarta biasa menyebut buah kecil nan manis ini dengan sebutan talok. Tak hanya masyarakat Yogyakarta yang memiliki istilah lain terhadap buah kersen, menurut teman saya yang merupakan warga Purworejo, buah kersen disebutnya dengan buah “seri”. Banyak juga orang yang menamainya “cherry jawa” dan lain-lain.

Buah kersen memiliki ukuran yang kecil, buah yang belum matang berwarna kehijauan sedangkan buah yang telah matang berwarna merah. Buah kersen menjadi makanan favorit anak-anak karena rasanya yang manis. Selain itu, kita tidak perlu merogok kocek untuk menikmati buah tersebut. Karena pohon kersen itu tumbuh subur di pinggir-pinggir jalan, sungai dan perkampungan. Banyak warga yang sengaja menanam pohon tersebut sebagai pohon peneduh, mengingat daunnya yang rimbun dan tidak memerlukan perawatan khusus.

Tanaman kersen atau talok biasanya tumbuh dengan ukuran kecil namun kadang juga bisa berukuran besah bahkan ada yang bisa mencapai tinggi hingga 12 Meter. selalu hijau terus menerus, berbunga dan berbuah sepanjang tahun. Cabang-cabang mendatar, menggantung di ujungnya. membentuk naungan yang rindang. Ranting-ranting berambut halus bercampur dengan rambut kelenjar demikian pula daunnya.

Disini saya akan sedikit membagikan pengalaman saya yang membuat saya sedikit terkejut. Kala itu saya sedang berjalan-jalan mengelilingi kampus saya, UIN Sunan Kalijaga. Di samping GOR UIN yang terletak di kampus timur ternyata terdapat tanah kosong yang cukup luas yang ditumbuhi banyak pohon talok. Saya dan teman saya pun berjalan ke arah pohon itu untuk mengambil buahnya, maklum saja rasa buahnya yang manis membuat siapapun yang melihat ingin sekali melahapnya. Dan ketika akan memetik buah itu saya bertemu dengan nenek paruh baya yang juga sedang mengambil buah talok itu. Nenek itu rupanya tinggal di daerah sekitar kampus saya. Dalam hati kecil saya bertanya, mengapa nenek renta yang untuk berjalan pun sedikit susah rela menyisiri daerah tersebut dan mengais buah talok yang berjatuhan. Pertanyaan saya terjawab ketika nenek itu bercerita tentang khasiat talok untuk menyembuhkan asam urat. Ia mengaku telah menderita asam urat sejak lama, dan setelah rutin mengkonsumsi buah talok/kersen itu ia merasa rasa linu yang diakibatkan oleh penyakitnya itu berkurang. Saya membatin, apakah benar buah kersen itu bisa menyembuhkan asam urat? Atau hanya sekedar mitos belaka??

Setelah bertemu dengan nenek tersebut saya langsung browsing di internet mengenai khasiat buah kersen. Dan saya benar-benar terkejut, buah kersen yang kecil serta sering kita jumpai sehari-hari ternyata memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita. Memakan 9 butir buah kersen sebanyak 3 kali sehari ternyata dapat mengurangi nyeri yang ditimbulkan akibat asam urat. Meskipun belum ada penelitian ilmiah yang jelas, namun masyarakat luas memang sudah banyak mengetahui tentang khasiat buah kersen itu. Dan terbukti, banyak orang yang merasa kondisinya lebih baik setelah rutin mengkonsumsi buah kersen.

Selain buahnya, ternyata daun buah kersen juga memiliki khasiat yang tentunya baik tubuh kita. Rebusan daun kersen ternyata memiliki khasiat dapat membunuh mikroba. Itu dikarenakan rebusan daun kersen memiliki kandungan senyawa seperti tanin, flavonoids dan saponin yang dapat membunuh bakteri.Kandungan flavonoid dalam buah kerses juga diduga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara laboratoris. Daun buah kersen juga dapat digunakan sebagai obat annti diatebes, cara dengan cara merebus 50-100gram daun kersen dengan 1 liter air, tunggu hingga air mendidih sampai separuhnya lalu diminum sebanyak dua kali sekali

Begitu banyak khasiat buah kersen hingga dirasa sayang sekali jika banyak orang yang tidak menyadari dan membiarkannya jatuh percuma. Padahal kalau diolah dengan benar, khasiat buah kerses memiliki manfaat yang sayang sekali untuk dilewatkan. Hal tersebut membuktikan bahwa sesuatu yang sering kita anggap remeh ternyata malah memiliki maanfaat yang luar biasa. Oleh karena itu, jarang pernah menganggap remeh tentang apapun di sekitar kita.Ingat, mau sehat nggak harus mahal! Selamat mencoba..

No comments:

Post a Comment